Friday, January 15, 2016

BANDAR POKER | Jangan Sepelekan Benjolan di Belakang Telinga si Kecil

ERAQQ | BANDAR POKER | Benjolan yang ada di tubuh si kecil terkadang membuat resah. Dokter mengatakan benjolan belum tentu berbahaya, tergantung lokasinya.

BANDAR POKER | Jangan Sepelekan Benjolan di Belakang Telinga si Kecil


"Benjolan letaknya di mana? Apakah di dalam kulit atau di luar? Kalau di luar kulit bisa jadi kanker kulit," tutur dr Afrimal Syafarudin, SpB(K)Onk, dalam temu media di RSU Bunda, Menteng, Jakarta Selatan, Jumat (15/1/2016).

Potensi kanker kulit bisa berbagai macam, mulai dari basal sel karsinoma, squamous sel karsinoma hingga melanoma. Namun dr Afrimal mengatakan pada anak, kecil kemungkinan timbul kanker kulit yang berbahaya.

Kemungkinan kedua munculnya benjolan adalah tumor jaringan lunak. Tumor ini tidak berbahaya dan biasanya tumbuhnya di dalam kulit. dr Afrimal mengatakan banyak kemungkinan penyebab munculnya tumor jaringan lunak. Namun pada anak-anak, kemungkinan besar penyebabnya adalah kelenjar getah bening.

"Kalau anak kemungkinan besar itu kelenjar getah bening. Mungkin kena infeksi jadinya muncul benjolan akibat kelenjar getah bening," paparnya lagi.

Jika benjolan selalu muncul dan tak pernah hilang, dokter menganjurkan agar ibu segera memeriksakan si kecil ke dokter. Pemeriksaan biopsi bisa dilakukan untuk mengetahui apa penyebab pasti munculnya benjolan, dan apakah benjolan berpotensi menjadi kanker.

Ia juga berpesan agar ibu tak meremehkan benjolan dan menunda-nunda membawa anak untuk diperiksa ke dokter. Karena bisa jadi anak mengidap kondisi serius dan harus segera mendapat pertolongan.

"Kalau kesehatan itu kita harus overestimate, jangan underestimate supaya nggak bertambah parah dan segera ketahuan penyebabnya




ADVERTISEMENT
Unknown

About Unknown

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :